Jumat, 15 April 2011

10 Ciri aktivis


10 Ciri Aktivis
Aktivis adalah orang yang aktif dalam membantu dan mengabdikan hidupnya untuk kepentingan bersama. Perasaan hidup yang  tidak nyaman dilingkungan sekitar menjadikan hati dan pikiran gerah dan menimbulkan rasa ingin bergerak untuk mengembalikan tatanan kehidupan menjadi lebih nyaman. Aktivis memiliki beberasa ciri yang tertanam didalam dirinya, diantaranya :
1.      Paham
Seorang aktivis harus paham dengan apa yang dia lakukan dan yang akan dia lakukan. Tanpa didasari kepaham, aktivis tidak akan mengetahui apa yang akan dia kerjakan.

2.      Ikhlas
Banyak permasalahan yang akan dihadapi oleh seorang aktivis, mulai dari manajemen waktu, krisis harta yang dimiliki, dan kelelahan mental. Aktivis, dalam menjalani hidupnya harus didasar dengan rasa ikhlas, karena banyak permasalahan yang akan dihadapi. Dengan keikhlasan, seorang aktivis akan menghadapi masalah-masalah tersebut dengan tenang.

3.      Berbuat
Rasa tidak nyaman yang dirasakan seorang aktivis akan menimbulkan rasa untuk berbuat sesuatu  agar terciptanya rasa nyaman dalam menjalani kehidupan.

4.      Bergerak
Aksi yang dilakukan seorang aktivis merupakan rangkaian dari aksi untuk menyampaikan keluhan-keluhan yang sedang terjadi. Pergerakan yang dilakukan aktivis didasari atas rasa peduli terhadap sesama untuk menegakan keadilan, kebenaran, dan kenyamanan hidup.

5.      Pengorbanan
Seorang aktivis harus siap untuk berkorban demi terciptanya kepentingan bersama yang diinginkan. Aktivis harus berani mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan uang untuk tetap menjadi seorang aktivis sejati yang menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan. Rasa ikhlas yang dimiliki seorang aktivis adalah kunci keberhasilan dalam berkorban.

6.      Patuh dan taat
Seorang aktivis biasanya memiliki visi dan misi dalam menjalani kehidupannya. Seorang aktivis harus patuh terhadapa apa yang direncanakan dalam visi dan misi tersebut. Patuh dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan kunci atas kepatuhan dan ketaatan terhadap visi dan misinya.

7.      Konsisten
Kekonsistenan diperlukan untuk membangun karakter yang unggul dalam suatu bidang. Aktivis pun di tuntut konsisten terhadap segala hal yang berhubungan dengan dunia keaktifisannya dan juga konsisten terhadapa visi misi yang dibentuk. Banyak orang yang mengaku aktivis namun tidak konsisten dan juga tidak mau berjuang dan berkorban, aktivis yang seperti itu merupakan aktivis yang hanyak ingin terkenal saja tanpa menyumbangkan kontribusi hidupnya.

8.      Totalitas
Totalitas merupakan puncak tertinggi dari seorang aktivis. Seorang aktivis yang totalitas adalah yang total dalam berkorban, total untuk patuh terhadap visi misinya, dan total terhadap pergerakan. Kesungguhan dari seorang aktifis adalah totalnya terhadap sesuatu hal dalam dunia keaktivisannya.

9.      Persaudaraan
Seorang aktivis tidak mampu berjuang sendirian, keberadaan teman atau pun sahabat sangat berarti dalam kehidupan seorang aktivis. Paham, ikhlas, berbuat, bergerak, berkorban, patuh dan taat, konsisten,  dan totalitas akan menimbulkan ikatan persaudaraan dalam beraksi.  Ikatan persaudaraan yang kuat akan menjadikan pergerakan yang lebih bermakna karena dengan adanya saudara dapat saling membantu dan sebagai pengingat dan teman sharing disaat seorang aktivis senang atau pun susah.

10.  Kesamaan hasrat
Dalam setiap pergerakan harus memiliki hasrat yang sama agar terciptanya pergerakan yang solid. Berbeda hasrat akan menimbulkan alur pergerakan yang berbeda dan tidak akan tercapainya tujuan yang lebih terarah.

Untuk menjadi seorang aktivis, Anda tidak perlu mencerminkan diri Anda terhadap kesepuluh ciri aktivis tersebut, melainkan jalanilah satu persatu yang tercermin pada diri Anda untuk menjadi seorang aktivis sejati. Hidup adalah sebuah pilihan. Hidup yang bahagia bukan hanya hidup dengan banyaknya kekayaan yang dimiliki, namun hidup akan jauh lebih berharga jika hidup Kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Aktivis merupakan jalan hidup yang hidupnya digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi orang lain. Semangat pergerakan dijalani dengan keikhlasan akan menciptakan kehidupan yang diperkuat dengan ikatan persaudaraan.

Jujur adalah cermin kebenaran
Sabar adalah cermin keikhlasan
Semangat adalah cermin pergerakan
Pantang menyerah adalah cermin kesuksesan
Persatuan dan kesatuan adalah cermin dari perubahan

Ikatan persaudaraan yang kuat mencerminkan jati diri mahasiswa yang beradab

HIDUP MAHASISWA !!!!!!!!

                                                                                                                By : Hafidz Ilman Albana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar