Jumat, 15 April 2011

by : Hafidz Ilman 

Gaul Tanpa Narkoba = Prestasi
Banyak orang mengatakan masa muda adalah masa yang paling indah. Masa muda adalah masa semangat yang dialamai seseorang dalam mencari jati dirinya. Mencoba-coba adalah hal yang sering dilakukan pemuda, karena dimasa muda itu rasa ingin tahunya sangat tinggi, tidak heran banyak pemuda yang berprestasi karena mencoba dan melakukan suatu  hal yang positif. Namun banyak juga pemuda yang terjerumus dalam pergaulan yang tidak benar, seperti mabuk-mabukan, seks bebas, dan menggunakan narkotika.
Pengguna narkoba umunya pemuda biasanya diawali dengan ajakan teman sepergaulannya. Karena bujukan dan rayuam temannya itu maka seorang pemuda itu mulai mencoba yang namanya narkoba. Narkoba terkandung zat kimia berupa zat adiktif yang dapat menimbulkan ketagihan bagi yang menggunakannya, biasanya orang yang telah menggunakan narkoba cenderung ingin mengkonsumsinya kembali.
Efek dari menggunakan narkoba yang tidak sesuai prosedur akan menimbulkan dampak yang negatif, contohnya selain ketagihan, pengguna narkoba akan terserang penyakit halusinogen yang dapat membuat seorang pengguna narkoba berhalusinasi dengan melihat suatu benda yang sebenarnya tidak ada. Dampak lainya bagi pengguna narkoba yang sudah berlebihan dan kecanduan akan menyebabkan kerusakan pada sistem organ yang berujung pada kematian.
Banyaknya bujukan dan rayuan yang dialami para pemuda banyak yang menjerumuskan mereka dalam dunia hitam narkoba. Ajakan yang paling ampuh untuk mengajak pemuda untuk mengkonsumsi narkoba yaitu bila mereka tidak mecobanya maka mereka dikatakan tidak gaul. Termakan rayuan seperti itu, banyak pemuda yang mencoba narkoba karena mereka merasa gaul bila mencoba narkoba. Sadar atau tidak, bahwa rayuan itu menjerumuskan mereka kedalam kehancuran. Para pemuda yang kecanduan narkoba, mereka merasa dirinya adalah orang gaul dan orang yang paling hebat. Dalam kenyataannya pecandu narkoba cenderung malas dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, hal tersebut menjadikan mereka enggan untuk meraih prestasi. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mengkonsumsi narkoba, pemuda gaul adalah pemuda yang tidak mengkonsumsi narkoba. Hidup dengan narkoba membawa pecandu ke jurang kehancuran dalam hidupnya. Gaul tanpa narkoba membawa kita meraih prestasi.
Pemuda yang sadar akan bahayanya narkoba menggerakan hati para pemuda lainnya untuk memerangi narkoba agar teman-teman mereka dapat terhindar dari narkoba dan juga dapat pulih dari kecanduan narkoba. Salah satu bukti nyata adalah sudah banyaknya perkumpulan pemuda yang menamai perkumpulan mereka adala komunitas pemuda anti narkoba. Salah satu contoh komunitas anti narkoba adalah Aldrian yang membentuk komunitas anti narkoba bersama teman-teman SMA-nya.  Komunitas yang berdiri pada tahun 2006 ini diberi nama ANOM, yang artinya raja muda. Komunitas yang dibentuk bisa mengadakan sebuah kegiatan seperti seminar ataupun kampanye hidup bebas narkoba. Dengan hidup tanpa narkoba, kita semua bisa hidup aman, nyaman, tentram dan berprestasi.

1 komentar: